cara ampuh menjaga kesehatan mata

cara ampuh menjaga kesehatan mata
cara ampuh menjaga kesehatan mata - Mata merupakan salah satu indra dalam tubuh kita yang berannya sangat besar sekali,karena dengan mata kita dapat melihat seluruh dunia yang ada.Oleh karena itu peting sekali bagi kita menjaga kesehatan mata kita supaya tidak ada penyakit yang nantinya akan menyerang mata kita.Banyak sekali penyakit-penyakit yang kemungkinan besar dapat menyerang mata kita jika kita menjaganya.

Seperti contohnya penyakit-penyakit berikut inilah yang sering menyerang mata kita yaitu rabun jauh,miopi maupun hipermiopi.Jangan anggap enteng penyakit-penyakit ini karena sekecil apapun yang namanya penyakit sangatlah berbahaya sekali.Biasanya orang-orang yang paling banyak terserang penyakit adalah orang-orang yang memiliki hobi membaca dan orang-orang yang teralalu tergantung dengan getjet".Oleh sebab itu jika boleh saran jika anda hobi membaca lakukanlah membaca dengan baik jangan asal-asalan.


cara ampuh menjaga kesehatan mata


Jika anda terserang penyakit mata apa yang akan anda lakukan pertama kali?Apa anda membiarkannnya saja dengan menganggap remeh atau anda akan segera memeriksanya ke dokter atau kemanalah.Jika anda memilih untuk membiarkannnya dan mengganggapnya enteng itu menurut saya perbuatan yang sangat salah karena ini sangat membahayakan sekali bagi mata tindakan seperti bisa membuat mata anda menjadi tambah parah.Jadi menurut saya sebaiknya anda pergi ke tempat perobatan mata atau berkonsultasi dengan dokter mata karena supaya bisa tau parah tau tidak penyakit yang anda derita dan supaya segera di carikan solusi terbaiknya.


Jika anda tidak ingin terserang penyakit mata anda cukup menjaga saja kesehtan mata anda,Dalam artikel saya kali ini saya akan memberikan beberapa tips-tips cara menjga kesehatan mata anda sebaiknya anda simak artikel saya berikut ini.



1.Makan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran

cara ampuh menjaga kesehatan mata

Buah dan sayur-sayuran merupakan makanan yang sangat menyehatkan karena di dalam buah dan sayuran banyak sekali mengandung zat-zat dan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh.Namun yang sebenarnya sangat di butuhkan oleh mata adalah kandungan vitamin A,yak vitamin A inilah yang sangat di butuhkan mata anda.Jadi perbanyaklah makan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A seperti pepaya,wortel dan masih banyak lagi buah dan sayur yang mengandung vitamin A.


2.Jarak saat membaca buku

cara ampuh menjaga kesehatan mata

Saat anda membaca buku sangat di saran sekali untuk menjaga jarak membaca buku sesuai dengan yang di anjurkan.Jika anda membaca buku terlalu dekat itu sangatlah tidak baik karena akan membuat mata anda menjadi mudah sekali capek dan akan membuat mata anda terserang penyakit rabun dekat.Idealnya saat membaca buka jarak mata adalah 30 cm ini sudah ada risetnya tersendiri sejak lama.Jika anda bisa melakukan hal sekecil ini untuk menjaga kesehatan mata anda pasti insyaallah anda akan jauh dari yang namanya penyakit miopi atau rabun dekat.


3.Istiahat mata

cara ampuh menjaga kesehatan mata

Mata juga sangat membutuhkan istirahat oleh sebab itu jangan terlalu paksakan mata anda untuk tidak beristirahat.Istirahat yang sangat baik untuk mata yaitu tidur dengan secupnya dengan demikian mata tidak akan terlalu merasakan capek dan tidak akan terserang berbagai penyakit yang mengintai mata anda.


4.Jangan kucek mata

cara ampuh menjaga kesehatan mata

Jika anda memiliki kebiasahan buruk seperti mengucek mata sebaiknya segera di hndari kebiasan seperti itu karena mengucek mata sangatlah tidak baik ini bisa menyebabkan iritasi pada mata anda.Anda bisa mencobanya sendiri jika anda mengucek mata anda pasti nantinya mata anda akan menjadi merah nah jika hal tersebut dilakukan berkali-kali nantinya akan sangat berdampak buruk dan malah akan terjadi iritasi mata yang sangat berbahaya.

Mungkin anda akan bertanya-tanya jika mata anda gatal kerana kemasukan sesuatu apa yang harus anda lakukan?Nah jika hal seperti itu terjadi anad bisa meminta bantuan seseorang untuk menium mata anda secara berlahan-lahan nantinya kotorannya akan hilang sendiri.


5.Menggunakan kacamata pelindung UV

cara ampuh menjaga kesehatan mata

Jika kegiatan sehari-hari anda banyak di habiskan di luar ruangan dan di luar sangat panas sebaiknya anda gunakan kaca mata hitam yang memiliki lensa untuk melindungi dari sinar UV yang di sebabkan oleh matahari karena jika tidak sinar UV sangatlah tidak baik bagi mata anda ini disebabkan di dalam sinar UV terlalu banyak mengandung sinar yang panas dan ini akan membakar penangkap cahaya pada mata anda jadi gubkanlah pelindung sinar UV.


6.Periksa kesehtan mata

cara ampuh menjaga kesehatan mata

Yang terkahir yang dapat anda lakukan untuk menjga kesehtan mata seringkanlah periksakan mata anda ke dokter mata atau yang berhubungan dengan mata.Ini merupakan hal yang tidak kalah pentinng karena supaya bisa mengtahui apakan mata anda normal atau tidak.


Baca juga : cara mudah dan efektif menjaga kesehatan tubuh


penyakit - penyakit mata dan cara mengatasinya



1.Miopi

Seperti yang seperti saya bahas di atas tadi secara singkat tentang penyakit ini penyakit ini disebakan oleh terlalu dekat saat membaca dan terlalu lama di depan laptop atau komputer.Anda jangan anggap remeh penyakit satu ini karena sangat bebahaya juga,untuk mengatasi supaya tidak terserang penyakit ini anda bisa menggunakan kaca mata cekung atau menggunakan kaca mata minus selain itu perbanyak makanan yang mengadung vitamin A.


2.Presbiopi

Penyakit yang satu ini juga bisa di katakan penyakit mata tua atau juga bisa dikatakan penyakit kebalikan dari yang saya bahas sebelumnya.Penyakit ini adalah penyakit mata yang tidak bisa melihat benda jauh serta benda dekat.Biasanya penyakit ini menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia karena orang yang sudah lanjut usia sistem saraf matanya sudah melemah.

Nah untuk mengatasi masalah mata yang satu ini selain anda rajin makan sayur-sayuran dan buah-buahan anda bisa juga menggunkan kaca mata rangkap atau kaca mata yang memiliki 2 lensa yaitu cembung dan cekung.


3.Rabun senja

Penyakit selanjutnya adalah penyakit rabun senja.Biasanya penderita yang mengalami penyakit ini akan merasa kesusahan atau kurang jelas melihat saat hari sudah senja ini di akibatkan karena tidak mampunya mta mata dalam menyerap cahaya yang masuk ke dalam mata jadi ketika hari sudah gelap akan sulit bagi si penderita untuk melihat.

Biasanya ada gejala-gejala jika terserang penyakit ini seperti contohnya pandangan anda akan terasa kabur-kabur dan kurang jelas.Penyakit ini sepertinya hanya bisa di obati dengan cara oprasi atau cara medis lainnnya namun anda bisa mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi maknan yang mengadung vitamin A.


4.Trachoma

Penyakit mata yang terakhir dan biasanya sering terjadi adalah trachoma.Penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan karena lingkungan yang tercemar.Jika anda mengalami penyakit ini biasanya mata anda akan kelihatan bengkak dan kelihatan merah.

Cara mengatasi masalah atau penyakit mata ini adalah dengan memberikan tetes mata atau selalu jaga kebersihan lingkungan di sekitar anda.Karena jika lingkungan bersih maka tidak akan menimbulkan banyak bibit penyakit apalagi ada pepatah mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman.




Jagalah kesehatan mata anda karena yang namanya kesehatan itu sangatlah mahal sebelum  anda terserang penyakit mata sebaiknya yang anda lakukan adalah mencegah penyakit mata itu.Ada pepatah yang menatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati jadi jangan anggap remeh kesehtan mata anda itu.

Ini sedikit artikel dari saya yang saya bahas tentang cara ampuh menjaga kesehatan mata semoga artikel singkat yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda,Baca juga artikel-artikel kesehtan saya lainnnya.
cara ampuh menjaga kesehatan mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar